Photo :Komunikasi IRI

IRI Indonesia Memperdalam Dialog Hubungan Antara Agama, Etika Konservasi, dan Keseimbangan Alam

Jakarta – IRI Indonesia terus menegaskan komitmennya dalam menjaga kelestarian hutan hujan tropis dan melindungi masyarakat adat sebagai garda terdepan. Pada tanggal 29 April 2024, IRI Indonesia kembali mengadakan webinar bulanan, kali ini dengan tema yang mengangkat “Menghormati Keseimbangan Alam, Etika dalam Konservasi dan Menjaga Lingkungan Hutan Tropis”, bekerja sama dengan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN) dan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara. Sebagai pembicara utama, IRI Indonesia mengundang Bapak Ws. Mulyadi Liang, S. Pd. Ing., M. Ag., yang merupakan wakil sekretaris dewan rohani MATAKIN. Sedangkan perwakilan dari  AMAN, Ibu Feri Nur Oktaviani, dipercayakan sebagai moderator kegiatan.

Dalam suasana webinar yang penuh semangat, peserta diajak untuk memahami peran manusia dalam menjaga keseimbangan alam. Bapak Ws. Mulyadi Liang, S. Pd. Ing., M. Ag., dengan penuh keyakinan menjelaskan bahwa dalam ajaran Khonghucu, manusia memiliki hubungan erat dengan langit dan bumi, di mana langit bertugas melakukan pengembangan dan perubahan, sementara bumi memberikan alam dan perubahan musim. Manusia, dengan itu, memiliki kewajiban moral untuk bertindak selaras dengan keduanya.

Dengan memberi penegasan kepada kita  bahwa agama dengan kita sebagai pemeluknya mempunyai peran memberi pengetahuan kepada seluruh manusia lainnya bahwa memuliakan alam tidak hanya mencakup upaya berbentuk konservasi dan pelestarian, tetapi juga membutuhkan penghormatan terhadap keberagaman hayati, kearifan lokal, dan pembangunan hubungan berkelanjutan antara manusia dan alam

Sebanyak 45 peserta dari berbagai latar belakang, mulai dari tokoh agama, akademisi, pendidik, hingga masyarakat umum, turut hadir dalam kegiatan ini. IRI Indonesia menggunakan momen tersebut sebagai salah satu wujud nyata dari upaya mereka untuk memfasilitasi para pemuka agama dalam menyampaikan pesan tentang pentingnya perlindungan alam dan hutan tropis kepada umatnya.

Dengan kehadiran webinar ini secara online dan dilaksanakan setiap bulannya, diharapkan kegiatan ini menjadi salah satu sarana bagi IRI Indonesia untuk berbagi informasi, tukar pikiran, dan komunikasi kepada masyarakat luas, dan diharapkan semoga dapat membawa dampak positif yang lebih besar dalam pelestarian alam, khususnya perlindungan terhadap hutan tropis.

 

 

Penulis : Romadhon A