IRI DAN BRGM INDONESIA GELAR PELATIHAN JURNALISME MEDIA SOSIAL INOVATIF UNTUK KOMUNITAS AGAMA

Jakarta, 17 Juni 2024 – Interfaith Rainforest Initiative (IRI) bersama Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) akan menyelenggarakan “Pelatihan Jurnalisme Media Sosial Inovatif” pada tanggal 20-21 Juni 2024 di Taman Wisata Alam Muara Angke, Jakarta Utara. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman jurnalis serta komunitas agama tentang isu-isu lingkungan, khususnya terkait pengelolaan dan pelestarian hutan mangrove.

“Satu asumsi yang dianut adalah respons kita terhadap kerusakan lingkungan tergantung pada pengetahuan dan pengalaman tentang lingkungan itu sendiri. Penyampaian informasi yang baik dan masal menjadi salah satu cara untuk membina moral secara luas,” ujar Dr. Hayu Prabowo, Fasilitator Nasional IRI Indonesia.

Pelatihan ini akan diikuti oleh 34 personel humas dari berbagai organisasi keagamaan. Materi pelatihan mencakup strategi rehabilitasi mangrove, teknik pembuatan konten media sosial, serta praktik lapangan langsung di Taman Wisata Alam Muara Angke. Peserta akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang peran penting mangrove dalam menjaga ekosistem pesisir, mitigasi perubahan iklim, serta manfaatnya bagi masyarakat.

“Melalui pelatihan dan keterlibatan jurnalis lingkungan, diharapkan informasi tentang pemanfaatan sumber daya alam seperti hutan, gambut dan mangrove bisa tersebar dengan akurat dan seimbang. Ini penting untuk mencegah penyebaran berita hoax atau tendensius soal isu lingkungan,” ujar Dr. Ir. Suwignya Utama, MBA, Kepala Kelompok Kerja Edukasi dan Sosialisasi BRGM.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas jurnalis dan komunitas agama dalam menyebarluaskan informasi yang akurat dan positif tentang upaya pelestarian lingkungan, khususnya terkait mangrove. Pelatihan ini juga bertujuan untuk memperkuat jaringan dan kolaborasi antara IRI, jurnalis, komunitas agama, dan BRGM dalam upaya bersama menjaga kelestarian lingkungan.

Dengan adanya sinergi antara berbagai pihak, diharapkan upaya perlindungan dan restorasi ekosistem mangrove dapat berjalan lebih efektif dan berkelanjutan. Juga diharapkan terciptanya kesadaran dan dukungan yang lebih luas dari masyarakat terhadap upaya-upaya perlindungan dan restorasi ekosistem mangrove

 

Tentang IRI Indonesia

Interfaith Rainforest Initiative (IRI) Indonesia adalah sebuah platform multi-pihak yang melibatkan tokoh agama, masyarakat adat, pemerintah, dan sektor swasta dalam upaya perlindungan dan pengelolaan hutan hujan tropis di Indonesia. IRI Indonesia bekerja untuk memperkuat peran agama dalam mendorong aksi nyata untuk pelestarian hutan dan keberlanjutan lingkungan.

Website : iri-indonesia.org

 Tentang BRGM

Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) adalah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab dalam merestorasi ekosistem gambut dan mangrove di Indonesia. BRGM memiliki tugas untuk mengkoordinasikan, memfasilitasi, dan melaksanakan kegiatan restorasi gambut dan mangrove secara terpadu dan berkelanjutan.

Website : brgm.go.id